Monday, 4 March 2013

Pengertian Iklan & Sejarah Iklan Outdoor

Manfaat Beriklan

 

PENGERTIAN IKLAN

      Iklan merupakan media komunikasi visual paling popular saat ini dan menjadi media pemasaran paling potensial bagi siapapun. Kata iklan memang relatif sama maknanya dengan reklame yang berasal dari bahasa Latin, re clamo. re berarti berulang – ulang sedangkan clamo berarti berseru. Iklan sendiri berasal dari bahasa Inggris, advertisement, sehingga di Indonesia sangat popular istilah advertising atau periklanan.

Ada beberapa definisi tentang iklan, antara lain (Pujiriyanto, 2005) :

1. Iklan merupakan kekuatan yang menarik yang ditujukan kepada kelompok pembeli tertentu dan dilakukan oleh produsen atau penjual agar mempengaruhi penjualan barang untuk mendapatkan keuntungan tertentu.
2. Iklan adalah tindakan – tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian umum atas suatu jenis barang atau jasa dengan cara membangkitkan keinginan calon pembeli untuk memiliki barang atau memakai jasa tersebut.
3. Iklan adalah penyampaian pesan lewat media – media secara sugestif untuk mengubah, menggerakkan tingkah laku atau minat masyarakat untuk melakukan sesuatu yang bersifat positif.

     Dari beberapa definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa maksud dan tujuan daripada iklan adalah untuk menarik perhatian guna mempengaruhi orang lain.

 

SEJARAH IKLAN OUTDOOR 

     Iklan sudah dikenal dari sejak jaman dahulu dimana pada awal pemikirannya adalah sebagai simbolisasi terhadap sebuah kesepakatan atau konsensus. Dimulai dari jaman mesir kuno dimana dibuat tugu untuk mensimbolisasikan sebuah kesepakatan tentang hukum dan perjanjian. Inilah sebagai tonggak awal tentang media iklan outdoor.
     Kemudian dilanjutkan dengan penemuan Johannes Gutenberg dalam menciptakan pencetak huruf pada tahun 1450 dan inilah sebagai awal dari periklanan modern diperkenalkan dengan melalui surat selebaran atau surat edaran.
     Pada tahun 1796, ketika proses litografis (cetakan dari batu/logam yang ditulisi atau digambari) telah mencapai kesempurnaannya, poster bergambar yang pertama dibuat. Pada saat itu poster digunakan untuk menyampaikan pesan dalam periode waktu yang tetap dan dipajang di daerah yang memiliki lalu lintas padat.

 

SIFAT-SIFAT IKLAN OUTDOOR

     Dalam membuat iklan tentunya sangat diharapkan mengenal sifat dari iklan tersebut. Sifat – sifat tersebut adalah (Suyanto, M., 2006) :
1. Informasi
2. Persuasi
3. Pengingat
4. Penambah Nilai
5. Membantu aktivitas lain perusahaan.

1 comment :

  1. Ok. terimakasih andiny oktariana. terimakasih kembali :-)

    ReplyDelete