Pengertian Iklan & Sejarah Iklan Outdoor
![Manfaat Beriklan Manfaat Beriklan](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_oJIbrN_xvLQsCCtV7Bjgz66z0fZr8dEKKTbt-e43tcD3gM9JMV2m5K5N7f6VfQ3DHNCSo1ONkAjaJ3pcOKuOnbJ1MEYFmOkIqvomKljsIHqde7aDWyHwGeVsUEfVYSJbyH4g0DiLsPHI/s640/manfaat+beriklan.jpg)
PENGERTIAN IKLAN
Iklan merupakan media komunikasi visual paling
popular saat ini dan menjadi media pemasaran paling potensial bagi
siapapun. Kata iklan memang relatif sama maknanya dengan reklame yang
berasal dari bahasa Latin, re clamo. re berarti berulang – ulang sedangkan clamo berarti berseru. Iklan sendiri berasal dari bahasa Inggris, advertisement, sehingga di Indonesia sangat popular istilah advertising atau periklanan.
1. Iklan merupakan kekuatan yang menarik yang ditujukan kepada kelompok
pembeli tertentu dan dilakukan oleh produsen atau penjual agar
mempengaruhi penjualan barang untuk mendapatkan keuntungan tertentu.
2. Iklan adalah tindakan – tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian umum atas suatu jenis barang atau jasa dengan cara membangkitkan keinginan calon pembeli untuk memiliki barang atau memakai jasa tersebut.
3. Iklan adalah penyampaian pesan lewat media – media secara sugestif untuk mengubah, menggerakkan tingkah laku atau minat masyarakat untuk melakukan sesuatu yang bersifat positif.
2. Iklan adalah tindakan – tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian umum atas suatu jenis barang atau jasa dengan cara membangkitkan keinginan calon pembeli untuk memiliki barang atau memakai jasa tersebut.
3. Iklan adalah penyampaian pesan lewat media – media secara sugestif untuk mengubah, menggerakkan tingkah laku atau minat masyarakat untuk melakukan sesuatu yang bersifat positif.
Dari beberapa definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa maksud
dan tujuan daripada iklan adalah untuk menarik perhatian guna
mempengaruhi orang lain.
SEJARAH IKLAN OUTDOOR
Iklan sudah dikenal dari sejak jaman dahulu dimana pada awal
pemikirannya adalah sebagai simbolisasi terhadap sebuah kesepakatan atau
konsensus. Dimulai dari jaman mesir kuno dimana dibuat tugu untuk
mensimbolisasikan sebuah kesepakatan tentang hukum dan perjanjian.
Inilah sebagai tonggak awal tentang media iklan outdoor.
Kemudian dilanjutkan dengan penemuan Johannes Gutenberg dalam
menciptakan pencetak huruf pada tahun 1450 dan inilah sebagai awal dari
periklanan modern diperkenalkan dengan melalui surat selebaran atau
surat edaran.
Pada tahun 1796, ketika proses litografis (cetakan dari
batu/logam yang ditulisi atau digambari) telah mencapai kesempurnaannya,
poster bergambar yang pertama dibuat. Pada saat itu poster digunakan
untuk menyampaikan pesan dalam periode waktu yang tetap dan dipajang di
daerah yang memiliki lalu lintas padat.
SIFAT-SIFAT IKLAN OUTDOOR
Dalam membuat iklan tentunya sangat diharapkan mengenal sifat dari
iklan tersebut. Sifat – sifat tersebut adalah (Suyanto, M., 2006) :
2. Persuasi
3. Pengingat
4. Penambah Nilai
5. Membantu aktivitas lain perusahaan.
Ok. terimakasih andiny oktariana. terimakasih kembali :-)
ReplyDelete